ALKITAB

Lembaga Alkitab Indonesia selalu mendukung kebutuhan rohani anda, termasuk di dalam pembacaan Alkitab digital maupun harian. Mari bersama menumbuhkan iman kita kepada Tuhan.

Peraturan Tuhan, menyenangkan atau memberatkan?

Peraturan Tuhan, menyenangkan atau memberatkan?

Ulangan 14 :1-29, TB

Apa jadinya, jika didunia ini tidak ada peraturan? Ada peraturan saja, pelanggaran masih terus terjadi bukan?

Bangsa Israel harus mematuhi semua peraturan yang telah diberikan Tuhan. Pesan utama yang didapat dari kitab Ulangan adalah keharusan hidup taat terhadap hukum-hukum Tuhan. Ada berkat kehidupan bagi Israel bila mentaati hukum-hukum itu, atau  sebaliknya kematian dan kehancuran sebagai buah dari ketidaktaatan.
Hidup ditengah-tengah bangsa yang tidak mengenal Tuhan Tuhan tidak ingin umat pilihanNya ini memiliki cara hidup yang sama dengan bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah tersebut.

Tuhan memberikan peraturan yang sangat detil dan menyeluruh disertai dengan konsekuensinya. Dengan memperhatikan cara hidup (berkabung, jenis makanan yang haram dan yang tidak, 1-21), cara memberi persembahan persepuluhan (22-29), hingga tentang harta milik yang dikuduskan bagi Tuhan (15:19-23) Bangsa Israel diingatkan untuk selalu takut akan Tuhan (14:23) 
Dengan melaksanakan tahun penghapusan hutang (15:1-11), pembebasan bagi para budak Ibrani (15:12-18), Bangsa Israel diingatkan untuk peduli terhadap sesama bangsanya, tidak menegarkan hati atau menutup tangan terhadap saudaranya yang miskin dan tertindas tetapi harus membuka tangan lebar-lebar terhadap mereka (5: 7-11) dan bahwa dahulu Israel juga adalah budak di tanah Mesir yang kemudian dibebaskan Allah.

Sahabat Alkitab,
Peraturan-peraturan Tuhan itu, masih berlaku hingga hari ini dan sampai kapanpun. Tuhan memberi kehendak bebas bagi kita untuk mematuhinya ataupun tidak. Tetapi buah dari ketidakpatuhan itu juga akan kita petik. Bagi kita yang bersedia melakukan seperti apa yang dimintaNya, Tuhan memberikan berkat dalam segala pekerjaan dan  usaha kita (15:5,10) dan lawan dari berkat atau kutuk bila kita tidak memenuhi perintah Tuhan.  

Apakah peraturan Tuhan itu menyenangkan atau memberatkan?, Pemazmur berkata : Taurat Tuhan itu sempurna, menyegarkan jiwa. Peraturan Tuhan itu teguh, memberikan hikmat kepada orang yang tak berpengalaman (Maz.19:8). 

Kita juga akan mampu berkata demikian, jika kita selalu berdoa meminta Tuhan memampukan kita untuk mencintai dan melakukan setiap peraturanNya.

Salam alkitab untuk semua.