ALKITAB

Lembaga Alkitab Indonesia selalu mendukung kebutuhan rohani anda, termasuk di dalam pembacaan Alkitab digital maupun harian. Mari bersama menumbuhkan iman kita kepada Tuhan.

Pesan keselamatan adalah pesan penghiburan

Pesan keselamatan adalah pesan penghiburan

Kis 15 : 22-34, BIMK

 

Setelah berkeliat dengan perdebatan sunat dan tidak sunat, keputusan dan sidang yang dilakukan, maka para rasul, penatua beserta seluruh jemaat itu mengambil keputusan untuk mengirimkan utusan ke Antiokhia. Yudas dan Silas lah yang diutus untuk menyampaikan melalui pesan surat tentang hasil keputusan bersama bahwa hukum dan aturan tidak boleh mempersulit kehadiran umat Tuhan dari bangsa-bangsa lain yang mau berbalik kepada Allah dengan serangkaian aturan dan hukum-hukum. Cukuplah dengan menjauhkan diri dari makanan yang dipersembahkan kepada berhala, darah dan daging binatang yang mati dicekik, serta percabulan. Dan dikatakan jika kamu memelihara diri dari hal-hal itu, kamu berbuat baik. 

Keputusan ini diambil agar tidak sulit untuk menghadirkan keselamatan itu bagi orang lain yang ingin berbalik kepada Allah. isi pemberitaan keselamatan adalah sukacita, dan penghiburan bukan kebingungan dan kesulitan karena banyak aturan. Seperti itulah ketika Yudas dan Silas menyerahkan surat untuk dibacakan kepada mereka, umat Tuhan di Antiokhia.  Seluruh jemaat bersukacita karena isinya yang menghiburkan. 

Itulah isi pesan tentang keselamatan. Keselamatan bukanlah hal yang membingungkan melainkan kabar sukacita dan kegembiraan. Menjadi selamat bukanlah terpaku pada hukum yang menyulitkan melainkan tindakan membebaskan diri dari dosa dan berbalik pada Allah. 

Yudas dan Silas diutus untuk menyampaikan tentang pesan sukacita itu, dan kitapun adalah Yudas dan Silas masa kini, meskipun banyak tantangan, perdebatan, namun pesan sukacita itu harus tersampaikan melalui pelayanan kita bersama. Pesan itu harus sampai ke pendengaran dan hati umat yang menunggu kabar selamat. Pesan itu harus mendarat di jiwa kaum miskin, anak-anak aibon, konglomerat yang sibuk dengan harta, pemabuk yang setia dengan botol minuman, om dan tante yang rajin baca status ketimbang Alkitab. 
Yah.......pekerjaan ini berat, namun LAI adalah pembawa pesan itu. Tetaplah bersyukur karena banyak orang melepaskan kita dengan dukungan untuk kembali berjuang sesuai amanat Sang Pengutus.

Salam Alkitab Untuk Semua