ALKITAB

Lembaga Alkitab Indonesia selalu mendukung kebutuhan rohani anda, termasuk di dalam pembacaan Alkitab digital maupun harian. Mari bersama menumbuhkan iman kita kepada Tuhan.

Di dalam Tuhan tidak ada kekhawatiran

Di dalam Tuhan tidak ada kekhawatiran

Matius 6:25-34, BIMK

Berbicara soal kekhawatiran, berarti berarti bicara soal rasa takut tentang sesuatu yang belum pasti. Entah itu kebutuhan esok, masa depan, segala sesuatu yang belum terjadi namun sudah diliputi kegelisahan dan kecemasan. Dan Alkitab dengan jelas menuliskan bagaimana Yesus menyampaikan tentang “Jangan Kuatir” sampai 4 kali. Diucapkan berulang-ulang artinya ini sebuah penegasan bahwa manusia tidak perlu khawatir akan hari esok. 

Matius 6:25-34 ini  merupakan pengajaran Tuhan Yesus di atas bukit, ketika situasi kehidupan bangsa Yahudi saat itu yang dalam penguasaan penjajah Romawi, pemerintahan yang kejam, dengan situasi kemiskinan dan penindasan, mengakibatkan kemelaratan bahkan kelaparan menjadi ancaman keseharian. Sabda Yesus bahwa hidup lebih penting dari makanan, dan tubuh lebih penting dari pakaian (Matius 6:25) mengingatkan umat bahwa pemeliharaan Tuhan jauh melebihi kekuatiran dan kecemasan kita. Terbukti hari ini masih dikaruniai hidup. 

Ada 4 hal dari pembacaan kita saat ini yaitu:

Yang pertama rasa khawatir tidak memiliki faedah dan manfaat justru menggerogoti pikiran positif manusia. 

Hal yang kedua rasa khawatir muncul dari rasa kurang percaya terhadap pemeliharaan Tuhan. Oleh karena itu, ayat 30 memberikan penegasan kepada mereka yang kurang percaya bahwa Allah telah menunjukkan pemeliharaannya melalui ciptaan di sekitar kita, bahkan kita sebagai manusia yang telah diciptakan sempurna. 

Hal yang ketiga kekhawatiran muncul karena terlalu memikirkan perkara-perkara duniawi tentang apa yang akan dimakan, dipakai dan sebagainya. Terkadang yang bersifat fana itu mendominasi pikiran kita ssehingga kita lupa bahwa ada TUHAN yang adalah sumber kehidupan. Kita cenderung terperangkap dalam kemanusiaan kita yang membuat kita lupa bahwa ada tangan yang maha dasyat yang menjagai kita sehingga kita ada sampai saat ini.

Hal yang terakhir adalah kita tidak perlu khawatir karena Allah sangat mengasihi kita. pengorbananNya membuktikan bahwa DIA rela memberikan apa saja demi yang dipeliharaNYA yaitu kita manusia.

Jadi, apa yang harus kita khawatirkan? 

Covid 19 saat ini menjadi ancaman dan menimbulkan kekuatiran yang sangat besar. Berdampak pada pekerjaan kita dan LAI saat ini, tapi hari ini kita dikuatkan melalui Firman TUHAN. Ada jaminan bagi mereka yang hidup di dalam TUHAN. Ada jaminan pemeliharaan. Jadi, tidak usah khawatir, ada TUHAN yang akan menyertai kita. kita tinggal melakoni hidup dan berjuang di dalam TUHAN. Kita percaya, kita dimampukan untuk melalui semua ini dengan pertolongan TUHAN. Amin

Salam Alkitab Untuk Semua