Revisi _Soera Ni’amoni’ Õ_ (Alkitab Bahasa Nias)

Revisi _Soera Ni’amoni’ Õ_ (Alkitab Bahasa Nias)

 

Karya penerjemahan Alkitab ke dalam Bahasa Nias dirintis oleh Ludwig Ernst Denninger, yang antara tahun 1868 sampai dengan 1875 menerjemahkan Injil Lukas. Pada tahun 1892, Wilhelm Heinrich Sundermann selesai menerjemahkan Perjanjian Baru dalam bahasa Nias. Perjanjian Lama diselesaikannya pada 1909. Alkitab hasil terjemahan Sundermann tersebut terbit pertama kalinya pada tahun 1913. Hingga saat ini, Alkitab tersebut digunakan oleh gereja-gereja di Nias dalam ibadah maupun pembinaan jemaat. Artinya, terjemahan Alkitab yang digunakan saat ini usianya sudah lebih dari 100 tahun.
 
Bahasa selalu mengalami perkembangan. Ambil contoh bahasa Indonesia. Istilah-istilah yang umum digunakan beberapa puluh tahun yang lalu, kini jarang dikenal lagi oleh generasi zaman sekarang. Misalnya kata “rebas” yang artinya ‘bertitikan; berjatuhan (air, air mata)’ atau kata “ipuh” yang artinya ‘racun’.
 
Hal yang demikian juga terjadi dalam terjemahan _Soera Ni’amoni’Õ_. Ada banyak kata atau istilah  yang sulit atau bahkan tidak dimengerti lagi oleh penutur bahasa Nias di masa kini, sehingga makna atau pesan dari Firman Tuhan sulit dimengerti secara utuh.

Hal tersebut melatarbelakangi gereja-gereja penutur Bahasa Nias (BNKP, AFY, AMIN, ONKP dan kemudian hari disusul oleh Gereja Katolik dan GNKP Indonesia) sepakat untuk melakukan revisi terjemahan _Soera Ni’amoni’Õ_. Tujuannya bukan untuk mengubah Firman Tuhan melainkan memperbaharui terjemahannya agar dapat dibaca dan dimengerti dalam rangka pertumbuhan iman umat. Prosesnya telah dimulai tahun 2012 dan hingga kini masih terus berlangsung. Diharapkan dalam lima lima tahun ke depan proses penerjemahan selesai. Tim yang terlibat dalam pekerjaan ini begitu bersemangat, karena berharap Alkitab ini dapat segera terbit dan menolong umat  untuk lebih memahami Firman Tuhan. 

Mari Sahabat, kita dukung penyelesaian revisi  terjemahan _Soera Ni’amoni’Õ_. Untuk mendukung satu ayat cukup dengan mendonasikan Rp 90.000. Kirimkan donasi anda melalui:

BANK BCA CABANG MATRAMAN
A. N. YAYASAN LEMBAGA ALKITAB INDONESIA
No. Rek. 3423016261

BANK BRI CABANG KRAMAT RAYA
A. N. YAYASAN LEMBAGA ALKITAB INDONESIA
No. Rek. 033501000281304

BANK BNI CABANG KRAMAT RAYA
A. N. YAYASAN LEMBAGA ALKITAB INDONESIA
No. Rek. 0010534054

Berikan tambahan angka 04 contohnya Rp 90.004 saat mentransfer.
Informasi lebih lanjut dapat mengunjungi www.alkitab.or.id atau via WA 0811 1925 400 (Caroline). Tuhan memberkati