TENTANG KAMI

Lembaga Alkitab Indonesia bekerja sama dengan semua gereja di Indonesia, dalam hal ini adalah Gereja Kristen dan Gereja Katolik. Oleh sebab itu Alkitab terbitan Lembaga Alkitab Indonesia tidak mengandung catatan dan atau tafsiran dari suatu gereja atau golongan tertentu.

Perwakilan

Lembaga Alkitab Indonesia

Peta Perwakilan LAI

LEMBAGA ALKITAB INDONESIA
Telah Membuka 4 Kantor Perwakilan

Yaitu Medan, Manado, Makassar dan Jayapura. Menurut pasal 3 & 4 AD/ART Yayasan Lembaga Alkitab Indonesia, yang dimaksud dengan PERWAKILAN adalah perpanjangan fungsi LAI dalam melaksanakan visi-misinya. Pengelolaan perwakilan dipimpin oleh seorang Kepala Perwakilan yang berkedudukan sebagai staf pelaksana, yang bertanggung jawab kepada Sekretaris Umum LAI melalui departemen teknis: Departemen Penyebaran & Pemasaran, Departemen Keuangan & Akuntansi, Departemen Umum, Departemen Pengembangan Organisasi dan Komunikasi & Pengembangan Kemitraan.

Perwakilan didirikan oleh Badan Pengurus setelah mempertimbangkan beberapa faktor strategis, antara lain:

  1. Potensi jumlah penduduk Indonesia yang membutuhkan terbitan Alkitab di suatu daerah, wilayah dan tempat.
  2. Potensi Gereja dan umat kristiani di daerah, wilayah dan tempat yang bersangkutan untuk mendukung pelayanan penyebaran Alkitab secara berkelanjutan.
  3. Potensi manajerial dan SDM setempat untuk melaksanakan visi-misi LAI di daerah, wilayah dan tempat yang bersangkutan.
  4. Potensi dana untuk membiayai pelaksanaan tugas operasional di perwakilan yang didirikan.

Perwakilan LAI

Tanggal 8 Agustus 1958 adalah tanggal bersejarah bagi berdirinya Kantor LAI Perwakilan Medan. Sebelum menjadi sebuah Kantor Perwakilan, kegiatan promosi dan pendistribusian Alkitab dan Bagian-bagiannya di wilayah ini hanya sebatas lingkup gereja setempat, yaitu Gereja Kristen Indonesia Sumatera bagian Utara (GKI Sumut). Pada mulanya adalah atas prakarsa beberapa pendeta utusan yang bertugas di GKI Sumut, terutama Pdt. Kervinus dengan cara pengadaan Alkitab dan Bagian-bagiannya dalam melayani kebutuhan anggota jemaat. Pada waktu itu kegiatan tersebut dipusatkan di kamar pastori di belakang gereja GKI Sumut. Namun karena permintaan Alkitab dan Bagian-bagiannya yang semakin meningkat, terutama dalam memenuhi kebutuhan dari luar GKI Sumut seperti dari jemaat-jemaat di daerah Tapanuli, Simalungun dan Karo, Pdt. Kervinus memandang perlu didirikannya sebuah kantor.

Untuk itu beliau mengadakan hubungan dengan Pimpinan LAI di Jakarta guna menyokong dana dalam membangun sebuah gedung kantor. Permintaan ini dikabulkan dan setelah selesai dibangun, gedung itu menjadi Kantor LAI Perwakilan Medan yang terletak di Jalan Soetomo (catatan: tempat LAI Perwakilan Medan berkantor, sebelum pindah ke Jl. Setia Budi,Medan). Dan pada waktu itu dengan dipimpin oleh Ds. N.W. van den Bent, sebagai Kepala Perwakilan LAI Medan yang pertama, dan dibantu oleh Johannes Sitepoe, Petrus Surbakti dan Gerhard Simarmata maka kegiatan promosi dan pendistribusian Alkitab dan Bagian-bagiannya untuk wilayah Sumatera Utara dilakukan secara lebih terprogram dan menyeluruh.

Saat ini Kantor LAI Perwakilan Medan telah mengembangkan sayapnya lebih jauh dengan menjelajahi Pulau Sumatera guna melayani jemaat-jemaat Kristiani dalam pengadaan Alkitab dan Bagian-bagiannya, minus Bengkulu, Bangka-Belitung, dan Sumatera Bagian Selatan. Menurut data kependudukan yang dikeluarkan oleh Biro Pusat Statistik (1993) jumlah penduduk Kristiani di wilayah D.I. Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, dan Jambi ada 3.685.974 jiwa. Artinya penduduk sejumlah itulah yang menjadi sasaran utama dari Kantor LAI Perwakilan Medan bagi tersebarnya Alkitab dan Bagian-bagiannya di wilayah tersebut. Di samping jumlah penduduk, maka keragaman budaya dan bahasa yang menjadi ciri khusus dari wilayah tersebut dapat dilihat sebagai potensi wilayah yang dapat dikembangkan oleh Kantor LAI Perwakilan Medan, khususnya dalam rangka memonitor kebutuhan Alkitab bahasa daerah bagi Gereja-gereja setempat.

Kantor LAI Perwakilan Medan juga diberi tugas dan kewenangan dalam menjemaatkan visi dan misi serta program-program yang perlu mendapat dukungan dari jemaat kristiani. Dengan peran-perannya tersebut, maka diharapkan Kantor LAI Perwakilan Medan dapat mewakili wajah LAI di Negeri Swarnadwipa. Sejak tahun 20 Juni 2012, kantor perwakilan Lembaga Alkitab Indonesia di Medan pindah dari Jl. Soetomo No.618, untuk menempati bangunan baru yang beralamat di Jl. Setiabudi No. 463 A-B, Tanjung Sari, Medan.

Berikut adalah susunan staf yang mengelola Kantor perwakilan Lembaga Alkitab Indonesia di Medan:

Kepala Kantor
Ratna Sari Harefa
Staf Penyebaran & Pemasaran
Mastoria Lusia Panjaitan
Staf Promosi Kemitraan
Norayanti Siregar
Staf Adm. & Keuangan
Sri Meisiste Eka Gracia Saragih
Staf Promosi Program
Darmayanti Saragih
Staf Toko
Beriman Pasaribu
Petugas Gudang & Kebersihan
Roni Alpian Hutasoit
Pengemudi & Ekspedisi
Beni Sihotang

Sebagai kepanjangan tangan Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) di Bumi Nyiur Melambai, khususnya di wilayah Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara yang menjadi area pelayanannya. Kantor LAI Perwakilan Manado hadir untuk menyebarkan Alkitab dan Bagian-bagiannya ke banyak orang yang membutuhkan. Apalagi jika kita melihat potensi penduduk Kristiani yang ada di wilayah kerja Perwakilan Manado yang mayoritas adalah pengguna Alkitab. Untuk itulah kepada mereka, selain diperkenalkan semua produk terbitan LAI juga perlu diinformasikan program-program kerja LAI. Di sinilah Perwakilan Manado dituntut untuk senantiasa menjemaatkan visi-misi LAI kepada Gereja-gereja dan umat Kristiani serta para Mitra Kerja yang ada dalam wilayah pelayanannya. Di samping itu, beragamnya kebudayaan yang ada di wilayah pelayanan Perwakilan Manado merupakan potensi yang besar dan kehadiran Perwakilan LAI menjadi sangat penting, khususnya dalam menerjemahkan Alkitab ke dalam bahasa-bahasa yang ada di wilayah pelayanan tersebut. Sebagai daerah yang berpenduduk mayoritas Kristen, diharapkan dukungan dari Pemerintah Daerah, dalam kegiatan keagamaan oleh lembaga-lembaga keagamaan di wilayah Sulawesi Utara.

Saat ini Kantor Perwakilan Lembaga Alkitab Indonesia di Manado beralamat di Jl. Diponegoro No. 82, Manado 95112, Telp./Faks. (0431) 851601, email: manado@alkitab.or.id

Berikut adalah susunan staf yang mengelola Kantor perwakilan Lembaga ALkitab Indonesia di Manado:

Kepala Kantor
Ansye N.W. Watimurry
Staf Adm. & Keuangan
Yudi Meilin Kapahang
Staf Promosi Program
Wieske Melinda Gerung
Staf Toko & Gudang
Wailan Aridan Karwur
Petugas Gudang & Kebersihan
Donald Leiley
Pengemudi & Kebersihan
Ivan M. Botto

Sejarah Kantor LAI Perwakilan Makassar tentunya tidak bisa dilepaskan dengan berdirinya Lembaga Alkitab Indonesia. Seperti kita ketahui bersama, bahwa sebelum menjadi sebuah lembaga seperti saat ini, LAI merupakan sebuah agen dari Lembaga Alkitab Belanda ( Het Nederlands Bijbelgenootschap) dan Lembaga Alkitab Inggris (The British and Foreign Bible Society) di Hindia Belanda (sekarang: Indonesia) yang hanya berfungsi menyebarkan Alkitab dan Bagian-bagiannya. Ketika berkecamuk Perang Dunia II, maka pada 11 November 1940, agen Alkitab itu diserahkan ke tangan Mr. G.P. Khouw, seorang sarjana hukum Indonesia, yang berkedudukan di Bandung. Setelah Perang Dunia II berakhir, keagenan Alkitab itu diserahkan kembali kepada Lembaga Alkitab Belanda, dan agennya Mr. G.P. Khouw dipindahkan ke Makassar. Baru pada tahun 1950, setelah pengakuan dunia atas Kedaulatan Indonesia, keagenan Alkitab itu dipindahkan ke Jalan Teuku Umar 34, Jakarta. Keinginan mendirikan sebuah Lembaga Alkitab Nasional tumbuh dikalangan para tokoh-tokoh Kristiani dan pimpinan Gereja di Indonesia, sampai pada akhirnya, pada tanggal 9 Februari 1954 berdirilah LAI yang bertanggung jawab penuh atas lembaga gerejawi, pengadaan serta penyebaran Alkitab.

Guna melaksanakan dan menunjang tugas LAI di wilayah Sulseltra dan Maluku serta belakangan ditambahkan Provinsi Kalimantan Timur, maka pada bulan April 1965 berdirilah Kantor LAI Perwakilan Makassar. Dengan berdirinya Perwakilan Makassar diharapkan visi-misi LAI dapat disebarkan dan didengar oleh umat Kristiani di wilayah tersebut. Paling tidak ada 8 kantor Sinode yang menjadi induk organisasi Gereja-gereja Protestan yang terdapat di dalam wilayah kerja Kantor LAI Perwakilan Makassar. Ini merupakan potensi lokal yang dapat dijadikan mitra sekerja dalam menjemaatkan Firman Tuhan dalam kehidupan gereja dan berjemaat. Selain itu banyaknya suku bangsa yang terdapat di wilayah tersebut yang belum memiliki terjemahan Alkitab ke dalam bahasa mereka merupakan potensi yang dapat dikembangkan oleh Kantor LAI Perwakilan Makassar. Melihat begitu besarnya tanggung jawab yang dipikul oleh LAI Perwakilan Makassar, nampaknya pekerjaan tersebut tidak dapat dipikul sendiri oleh LAI. Di sinilah pentingnya kemitraan, khususnya kemitraan LAI dengan Gereja-gereja setempat, sehingga tugas yang berat akan menjadi ringan jika dikerjakan bersama-sama.

Saat ini Kantor Perwakilan Lembaga Alkitab Indonesia di Makasar beralamat di Jl. Boulevard, Ruko Yascinth 1 No. 17, Panakkukang Mas, Makassar 90222, Telp./Faks. (0411) 458776, email: makassar@alkitab.or.id

Berikut adalah susunan staf yang mengelola Kantor perwakilan Lembaga ALkitab Indonesia di Makassar:

Kepala Kantor
Diana Rampan
Staf Adm. & Keuangan
Indriyani Reski Hendrik
Staf Promosi Program
Milka D. Manguma
Staf Promosi Penyebaran
Agulius Massolo
Staf Toko & Gudang
Rezky Sampepana
Petugas Gudang & Kebersihan
-
Pengemudi & Kebersihan
Daud Rambalangi

Peran dan keberadaan Lembaga Alkitab di tanah Papua tidak bisa dilepaskan dari perjalanan sejarah rakyat Papua, terutama saat diakuinya wilayah dan rakyat Papua masuk ke dalam kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebagai konsekuensi logis dari sebuah pengakuan kedaulatan bagi negara yang berdaulat adalah diserahkannya Gedung Lembaga Alkitab Belanda di Biak kepada Lembaga Alkitab Indonesia pada tanggal 1 Januari 1963. Maka sejak saat itu terjadi pergeseran peran dari sebuah Lembaga Alkitab yang hanya menjual Alkitab dan Bagian-bagian ke Lembaga Alkitab yang juga menerjemahkan, menerbitkan, mencetak dan mendistribusikan Alkitab dan Bagian-bagian ke sebanyak mungkin orang. Pergeseran peran tersebut tidak langsung berjalan dengan mulus, apalagi jika harus diperhadapkan dengan wilayah seluas 421.981 km2 yang menjadi area pelayanannya Kantor LAI Perwakilan Biak.

Agar visi dan misi LAI dapat segera tersebar ke seluruh wilayah Papua, mulai dari wilayah Kepala Burung di sebelah barat sampai dengan daerah perbatasan R.I dengan Papua New Guinea di bagian timur, dan daerah Teluk Cendrawasih di sebelah utara sampai ke bagian selatan di Marauke, maka pada tanggal 5 Desember 1990 diputuskan agar Kantor LAI Perwakilan Biak dipindahkan ke Jayapura. Kehadiran LAI di tanah Papua sebagai sebuah Perwakilan diharapkan mempunyai arti yang sangat penting, mengingat Jayapura adalah pusat pemerintahan/ibukota Propinsi Papua dan pusat Sinode Gereja-gereja serta Yayasan/Badan Misi-Penginjilan, sehingga umat kristiani yang berasal dari berbagai macam gereja secara interdenominasi dapat dilayani.

Di samping peran pemerintahan daerah, Sinode Gereja-gereja, dan Yayasan/Badan Misi-Penginjilan sebagai potensi lokal yang dapat mendukung keberadaan Kantor LAI Perwakilan Jayapura, maka keberadaan suku bangsa yang jumlahnya beratus-ratus itu adalah hal perlu mendapat perhatian serius, khususnya dalam upaya menerjemahkan Alkitab ke dalam bahasa mereka. Apalagi dari 500 bahasa daerah yang terdapat di tanah Papua, hanya bahasa Yali Selatan yang baru memiliki terjemahan Alkitabnya secara lengkap, sementara bahasa-bahasa lain yang baru memiliki terjemahan Perjanjian Baru atau portion-portion sebanyak 54 bahasa.

Memang berat tantangan geografis dan kendala transportasi yang harus dihadapi oleh LAI Perwakilan Jayapura, di mana harus melayani Gereja-gereja dan umat Kristiani yang tersebar luas di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. Meskipun demikian, LAI Perwakilan Jayapura dengan jumlah staf 4 orang harus terus mengupayakan agar Alkitab dan Bagian-bagian dapat tersebar hingga menjangkau wilayah terdalam di Tanah Papua

Saat ini Kantor Perwakilan Lembaga Alkitab Indonesia di Jayapura beralamat di Jl. Frans Kaisiepo, Kompleks Ruko Pasifik Permai Blok D-1, Jayapura 99112, Telp/Faks, (0967) 535620, email: jayapura@alkitab.or.id

Berikut adalah susunan staf yang mengelola Kantor perwakilan Lembaga Alkitab Indonesia di Jayapura:

Kepala Kantor
Melvy Alfons
Staf Adm. & Keuangan
Melly Payunggalo
Staf Promosi Program
Deyunita Sevenirim Tatung
Staf Promosi Penyebaran
Ly Gawan Pasaribu
Staf Toko & Gudang
Martha Tiranda
Petugas Gudang & Kebersihan
-
Pengemudi & Kebersihan
-