Standar Kualitas Pelayanan

Renungan Harian | 26 September 2023

Standar Kualitas Pelayanan

Paulus memberikan wejangan sekaligus arahan untuk membangun iklim pelayanan yang sehat di tengah komunitas jemaat. Setelah ia memberikan penekanan nilai komunitas jemaat yang idealnya dipenuhi sikap saling menghargai dan tidak saling merendahkan sebagai tubuh Kristus, kini Paulus pun melanjutkannya dengan berfokus pada kualitas pelayanan atau aktivitas yang dilakukan oleh setiap anggota di dalam tubuh Kristus itu sendiri. Beragam aktivitas yang muncul dalam kehidupan berjemaat atau beragam bentuk pelayanan yang dilakukan oleh para anggota komunitas hendaknya dilakukan dalam ketulusan dan sukacita. Keduanya merupakan standar kualitas yang hendaknya muncul dalam setiap perilaku anggota jemaat pada saat melakukan pelayanan-pelayanan di tengah komunitas. Artinya, pelayanan yang dilakukan oleh seorang umat tidak semestinya dimaksudkan untuk memenuhi tujuannya personal maupun mencari kesempatan demi keuntungan-keuntungan diri sendiri.

 

Di tengah masa modern ini, kita dapat menemukan beragam bentuk pelayanan di tengah kehidupan bergereja. Dengan kata lain, terdapat banyak ‘ruang’ yang dapat diisi oleh para umat Allah dengan berbagai aksi pelayanan sesuai dengan panggilan, kerinduan, dan kemampuannya. Mulai dari beragam aktivitas yang berfokus pada pembangunan peribadahan, pembangunan komunitas, hingga menjawab berbagai persoalan yang terjadi di luar gereja pun telah menjadi kesempatan-kesempatan bagi umat Allah untuk melayani. Tentu saja, hal ini adalah kondisi yang perlu dirayakan dan disyukuri karena semakin banyak kesempatan bagi umat untuk mengejawantahkan komitmen pelayanannya bagi Allah. Namun, kita juga perlu menaruh sikap kritis agar tidak justru terjebak pada formalitas tindakan maupun disorientasi fokus yang hanya tertuju pada jumlah. Padahal, melalui tulisan Paulus ini kita telah diingatkan bahwa pelayanan hendaknya diwujudkan dalam ketulusan dan penuh sukacita, entah di hadapan Allah maupun terhadap sesama sehingga setiap kegiatan yang kita lakukan di tengah tubuh Kristus dapat membawa pengaruh yang baik terhadap pembangunan jemaat yang berdampak di tengah lingkungan hidupnya

Logo LAILogo Mitra

Lembaga Alkitab Indonesia bertugas untuk menerjemahkan Alkitab dan bagian-bagiannya dari naskah asli ke dalam bahasa Indonesia dan bahasa daerah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kantor Pusat

Jl. Salemba Raya no.12 Jakarta, Indonesia 10430

Telp. (021) 314 28 90

Email: info@alkitab.or.id

Bank Account

Bank BCA Cabang Matraman Jakarta

No Rek 3423 0162 61

Bank Mandiri Cabang Gambir Jakarta

No Rek 1190 0800 0012 6

Bank BNI Cabang Kramat Raya

No Rek 001 053 405 4

Bank BRI Cabang Kramat Raya

No Rek 0335 0100 0281 304

Produk LAI

Tersedia juga di

Logo_ShopeeLogo_TokopediaLogo_LazadaLogo_blibli

Donasi bisa menggunakan

VisaMastercardJCBBCAMandiriBNIBRI

Sosial Media

InstagramFacebookTwitterTiktokYoutube

Download Aplikasi MEMRA

Butuh Bantuan? Chat ALIN


© 2023 Lembaga Alkitab Indonesia